Antara Kesedihan dan Nasi Goreng Gratis

Assalamualaikum,,,

Bandung, 8-10 Maret 2009.
Terjadi badai di wilayah Bandung Selatan.
Tepatnya di Buah Batu, Cipagalo, Bojongsoang, Sukapura, Sukabirus dan Dayeuhkolot.
Benar benar badai.
Serem buanget.
Karena badai itu, kontrakanku dengan sukses kerendam air a.k.a kebanjiran.
Banjir ga cuma dari air di luar rumah yang masuk ke halaman dan ruang tamu, melainkan juga dari dalam.
Tepatnya dari lantai dua yang bocor.
Bocornya tu parah buanget.
Air tu ga netes tapi ngocor deras gitu.
Ngeri.
Di depan rumah tu banjir sepaha orang dewasa.
Di jalan jalan menuju Kampus IT Telkom Bandung banyak pohon yang rubuh.
Daun dan sampah berserakan di jalan karena kebawa air banjir dan angin yang kenceng buanget.
Suasana tidak terkendali.
Sekilas jadi ingat film “The Day After Tomorrow”.
Kejadiannya mirip itu, cuma ga ini kelas bencananya cuma lokal aja kok, ga interlokal macam film itu.
Demikian pemberitaan oleh “oCHy”, langsung dari TKP.
Terimakasih.

Ok, tu terjadi di 3 hari kemarin.
Ngeri buanget gitu loh.
Terjadinya tuh jam 1 siang sampe jam 4 sore.
Aku jadi terkurung sambil menangani masalah kebocoran tingkat tinggi di kontrakan.
Padahal, sebelum tragedi itu aku ama calonku udah berencana mau nonton di BSM lho.
Mau jalan jalan juga, mumpung sang calon lagi maen ke bandung.
Berhubung badai datang duluan dan rumah bocor, yang ada kami malah kerja bakti nampung kucuran air gitu deh.
Tapi walo di rumah doang, suasana kemarin tu romantis banget.
Sepasang calon keluarga bahu membahu membereskan rumah yang diterpa badai.
Seru banget, Bo.....
Romantis.
Belajar menghadapi masalah yang akan datang saat kami berkeluarga nanti.

Eniwey, di postingan sebelumnya aku bilang kalo pertemuan kami saat aku jemput dia di stasiun tuh ga begitu berkesan.
Kami cuma diem dieman.
Ternyata itu terjadi karena dia tu takut ngomong.
Dia takut aku masih marah tentang kejadian sebelumnya.
Emang sih, sebelumnya kami tu sempat bertengkar selama 1 mingggu.
Tapi, kenapa dia anggap aku yang marah???
Padahal yang salah tu aku.
Aku yang terlalu egois.
Mustinya yang marah tu dia.
Nah, karena aku pikir dia marah, makanya aku gaberani ngobrol ama dia.
Akhirnya kami berdua diem dieman selama 30 menit + 3 jam.
Sungguh kondisi yang gak enak banget.

Waktu itu, entah siapa yang mulai, akhirnya kami bisa ngobrol.
Selain ngobrol juga ngejelasin kenapa tadi tu diem dieman aja.
Wah ternyata terjadi salah paham.
Jadi bener tu kata orang, kalo ngejalanin sebuah hubungan komunikasi musti lancar.
Terbukti!!!

Masalah komunikasi sangat berpengaruh terutama yang ngejalanin LDR.
Yup, seperti kami ini, aku di Bandung dan di di Solo.
Ga heran lah kalo masalah kami selama 9 bulan lebih ini banyak banget.
Masalah ini terjadi karena komunikasi yang ga lancar dan keegoisan salah satu pihak.-->sudah pasti itu aku.
So, saat kita bisa ketemu seperti kemarin, kami langsung mencoba untuk menyelesaikan semua masalah yang ada.
Yah, walaupun ga berhasil 100%, tapi paling tidak masalah masalah besar tu udah bisa diluruskan.
Hubungan jadi lancar kembali.
Tips aja ya, kalo kalian ada yang ngejalanin LDR, manfaatkan waktu seoptimal mungkin saat ketemu.
Memanfaatkan di sini bukan berarti mumpung ketemu kalian bisa melakukan hal yang “tidak tidak” lho...
Maksudnya, selesaikan lah semua masalah yang ada di hubungan kalian.
Kalo diselesaiin secara langsung tu lebih enak dan permasalahan jadi lebih jelas juga mudah diatasi.
Just my pinion.

Go on.
3 hari kami lalui dengan penuh suka cita.
Nyaris ga ada masalah dalm 3 hari itu.
Paling paling cuma kehujanan ama rebutan siapa yang bayarin makan doang masalahnya.
Masalah kecil sebagai bumbu suatu hubungan.
Selama 3 hari itu kami gunakan buat ngobrol, nonton film *Crazy 1st Love, Disaster Movie*, jalan jalan *gramedia ama muter muter bandung* ama beres beres rumah pas kena badai.
Mungkin bagi pasangan yang selalu ketemu, hal diatas tu ngebosenin banget, tapi bagi tersangka LDR, tu sangat berarti.
Jarang jarang bisa ketemu dan jalan gitu lho.
Rasanya waktu 3 hari tu ga cukup buat kangen kangenan deh.

Finaly, last night, I got my end of journey.
Yup, she had to back to Solo.
Sedih banget, tapi ga mau ngelihatin raut muka sedih di depan dia.
Selama perjalanan dari kontrakan sampe setasiun tu sebenarnya sedih banget, tapi aku berusaha tegar dengan berpikir kalo ini tu cuma perpisahan sementara, InsyaAlloh, kelak kami bisa ketemu lagi.
Rencanaku ga nampakin muka sedih berhasil.
Tapi ga berhasil sepenuhnya.
Habis nganter dia masuk ke kereta, kami sempat ngobrol ngobrol sebentar.
Di situ aku takut ketauan kalo aku sedih, makanya aku nge-joke aja buat nutupin kesedihanku, berhasil.
Saat tiba waktunya kereta mau berangkat aku nganterin dia sampe gerbong.
Sempat salim dan cium tangan ama dia.-->beraninya cuma itu sih.
Trus dia masuk ke gerbong dan aku mulai melangkah menuju parkiran motor.
Perjalanan menuju tempat parkir terasa berat benget, padahal aku dah ga bawain barang barang dia seperti waktu nganterin ke gerbong tadi.
Tapi aku berhasil sampai keparkiran dan ambil motor untuk pulang lagi ke rumah.
Tapi jangan lupa bayar parkir dulu ya...
Di jalan sedih banget rasanya.
Pas lagi melibas jalan, tiba tiba pipiku basah.
Oh, hujan ternyata, pikirku gitu.
Tapi ternyata ga hujan.
Lha terus ini air apa??
Lha dalha......
Aku nangis gitu loh..
Ga nyangka sampe nangis gitu.
Bener bener nagis, tapi ga nangis kaya balita lho.
Nagis kaya orang dewasa.
Emang orang dewasa nangisnya gimana???

Ditengah tengah tangisan malam itu aku merasakan sesuatu.
Suatu rasa yang ngeganggu hatiku.
Sekian lama berpikir, akhirnya aku menyadari rasa itu.
Rasa yang mengusik.
Ternyata rasa itu adalah,,,,
Rasa lapar.
Yup, aku lapar banget.
Cacing di perut udah SMS minta makan.
Sebelum pulang ke kontrakan aku musti makan dulu.

Nasi goreng Bojongsoang dekat Gang Desa.
Pilihan yang tepat buat ngehajar cacing yang ada di perut nih.
Daripada si cacing tu marah gara gara ga dikasih makan terus gigit ususku kan ga cihui.
Mending mampir dulu ah.
“Bang, nasi goreng ga pake daging, ga pake kecap ama sayurnya banyakin ya”, menu aneh yang biasa aku pesan.
“Sip lah, tapi nggawe mie rebus disik yo...”, jawab mas masnya dengan logat tegal yang kental banget.
Nunggu.
Pas lagi termenung nunggu nasi gorengnya, abang tu datang ke aku.
Abang : Ana apa mas, kok nangis ngono?
Aku : Oh, nggak kok. Kelilipan.
Abang : Halah, crita wae lah mas, wong ya mbek kanca dewe kok.
Aku : Calon ku pulang bang, ke kotanya. Sedih.
*Mendadak dia diam, trus bapak yang masak nasi goreng ketawa*
Bapak : Lha, pada bae mas karu cah kui. Pada pada bar ditinggal pacar.

Trus akhirnya aku curhat ke abang jual nasi goreng.
Kami sama sama di posisi yang mirip.
Saling menyemangati deh.

Pas nasi goreng matang dan dihidangkan, langsung aku sikat.
“Hajar, bleh...”
Tapi sebelumnya jangan lupa berdoa dulu ya.

Pas udah selesai dan mau bayar, eh si abang bilang gini.
“Wis, mbek bala dewe gratis lah”.

Hwahahahaha........

Karena senasib aku dapat gratisan nih.
Tapi karena sungkan aku tetep mau bayar.
Pas ngerogoh kantong baru ingat kalo aku ga bawa dompet.
Dan ingat juga, tadi kan yang bayarin parkir si bunda.
Mampus, malu berat nih.
Akhirnya aku menerima gratisan dari abangnya.
Wah makasih banget ya bang.
Emang deh, kalo rizki tu ga bakal kemana, ada aja jalannya.
Asal mau berusaha cari rizki, pasti dapat kok.

Lanjut lah.
Sekarang udah 2 hari sepeninggalan calonku.-->bahasanya berat, Bo...
Kondisi masih gamang, masih sedih, pas kuliah masih kepikiran.
Sampe kapan coba bisa stabil lagi???
Ya udah, jalanin aja lah.

Hm,,,
Bunda, makasih ya udah mau datang ke tempat ayah.
Maaf kalo selama di sini bunda ga terurus dengan baik.
Selain faktor cuaca yang kurang mendukung, finansial ayah juga lagi kacau.
Sekarang skor kita 6-3 ya??
Ntar kalo sempat, ayah ganti silaturahmi ke tempat bunda.

Udah dulu ah...
Baterey laptop dah mintip mintip macam ultraman mau kalah nih.

Bye, Chuik..........

Wassalamualaikum,,

Newer Post Older Post