Seni Menulis

Assalamualaikum,,

Nulis nulis....

Sejak gabung di dunia blog *ce'ile bahasanya....*, hari hariku udah ga sepi lagi.
Dulu selesai kuliah biasanya aku ke markas KSR.
Tapi sejak 3 bulan lalu aku dah jauh dari mereka.
Selama itu pula aku sering kesepian ga tau mau ngapain.
Paling paling aku maen game, tapi lama lama aku sadar kalo aku bego banget dalam hal ngegame.
Sering dipecundangi.
So, aku jadi males ngegame.
Kalo ga maen game, aku sering putar putar pake Jupix *jupiterku* keliling bandung dan sekitarnya.
Pernah juga pas lagi suntuk, aku ama Jupix putar putar sampe Tegal.
Ekstrim banget kan.
Berhubung keuanganku sering terganggu gara gara touring ga jelas gitu, aku menghentikan kebiasaan keluyuran itu.

Setelah jauh dari ketiga hal itu, setelah pulang kuliah hari hariku jadi ngebosenin.
Selesai kuliah paling cuma tidur tiduran.
Paling banter maen ke tempat temen.
Lama lama bosan juga.

Mikir.
Akhirnya aku mikir, aku ga boleh ber leha leha gini terus.
Setelah selesai kuliah aku harus ngisi waktu dengan hal yang positif, bermanfaat dan produktif.
Dengan susah payah kini aku punya beberapa kegiatan ngisi waktu kosong.
1. Belajar ama anak anak TPA tiap Sabtu malem. *macam tentor gitu*-->berpahala
2. Menghatamkan Al-Quran.-->butuh kerja keras
3. Nulis nulis buat blog.-->macam ini
4. Belajar sepeda.-->ya, aku baru belajar.

Hal hal itu sangat bermanfaat bagi kehidupanku sekarang ini.

Mantab.....

Dari beberapa hal itu yang paling dominan tu nulis.
Mulai dari nulis buat blog.
Ngerapiin catatan kuliah ku.
Sampe nulis macam cerita tentang perjalanan hidupku di Bandung ini.
Tapi khusus yang terakhir tu ga aku posting.
Aku pengen cuma aku dan mamaku yang tau hal itu.

Eniwey, sekarang hampir tiap waktu kosong aku berlatih seni merangkai kata.
Yup, aku pernah baca suatu buku yang menjelaskan bahwa menulis itu merupakan seni.
Buku ini berjudul "Seni Mengukir Kata" karya "Dr. Mulyadhi Kartanegara".
Kenapa bisa disebut seni?
Dalam buku itu dijekaskan bahwa banyak orang yang ingin ato gemar menulis, tapi hanya sedikit yang bisa menguraikan ide idenya secara runtut, lengkap dan menarik.
Untuk itu, kita perlu mempelajari hal hal yang berkaitan dengan menulis.
Mungkin yang dianggap seni menulis adalah "sebuah tatanan prinsip dan cara cara yang digunakan dalam melakukan seperangkat kegiatan, dalam hai ini menulis".
Berdasarkan penjelasan di atas kita harus melatih seni melukis kita untuk bisa menulis yang efektif.
Hal hal yang perlu kita latih antara lain prinsip prinsip menulis yang berupa kejujuran, komitmen pada kebenaran, motivasi yang benar, penguasaan tata bahasa dan gaya serta kemampuan menyusun pikiran secara runtut.
Di samping itu kita juga perlu mempelajari metode menulis tanpa beban.

Sungguh buku yang sangat menggugah hati untuk memahami, menguasai dan menerapkan semua materi yang ada pada buku tersebut.

Jalanku untuk menjadikan menulis sebagai seni itu masih jauh.
Kini aku masih menanggap menulis sebagai pekerjaan mengisi waktu luang.
Belum terlalu fokus untuk benar benar menulis.
Tapi semua itu akan ku latih.
Targetku, pada semester mendatang aku harus sudah bisa menulis. Benar benar menulis sebagai seni.
Harus bisa!!!

Ok, go on.
Tadi aku dapat kata kata yang dalem banget dari sebuah buku yang kubaca.-->katanya untuk jadi penulis musti diawali dengan mengembangkan budaya membaca.
Kata katanya gini "Are you bored with your life? Then throw your self into some work you belive in with all of your heart, live for it, die for it, and you will find happiness that you had thought could never be yours".
Sungguh dalam dan menohok kata katanya.
Intinya saat kita bosan dengan kegiatan kita yang monoton, maka larutkanlah diri kita pada suatu tindakan yang kita gemari.
Tindakan yang selalu kita lakukan dengan sepenuh hati.
Dengan begitu kita bisa bersungguh sengguh dan fokus dalam melakukan hal pilihanmu itu.
Semakin bersunguh sungguh, IsyaAlloh hasil yang kita peroleh juga semakin mendekati sempurna *ga ada yang sempurna*.
Contoh bodohnya mungkin saat kita makan.
Rasa nikmat makanan akan lebih kita rasakan saat kita benar benar berniat untuk makan.
Kalo kita sedang "pup" sambil makan roti, coba bayangkan gimana rasanya.
Emang sih, contohnya ga masuk akal banget, tapi kaliian bisa mencari contoh sendiri, yang lebih baik dari contoh yang saya berikan tentunya.
Inti dari "wejangan" itu adalah, lakukan kegiatan yang kau suka *kegiatan positif* dengan sungguh sunggu untuk mengisi waktu luangmu.
Menurut aku seperti itu.
Kalo ada teman teman yang berpendapat lain, silahkan hubungi saya lewat ChatBox atau melalui e-mail.

Terima kasih telah membaca unek unek aku ini.
Semoga ada manfaat yang bisa teman teman peroleh dari tulisan ini.

Wassalamualaikum...

Newer Post Older Post