Acara TV Yang Kurang Mendidik

Assalamualaikum,,,

Mari menulis....

Menulis mari.....

Mari....
Mari....
Mari....

Sharing yuuukzzzz,,,,,,,,,,,,,,,

Gue tadi nonton tv.
Hehehe,,,
Gue ini orang yang jarang banget nonton tv.
Ada beberapa alasan kenapa jarang nonton tv.
1. Gue ga punya tv.
2. Acara tv yang gue suka cuma dikit.*Berita, Sinema Bioskop, Kartun ama Acara masak memasak, pertandingan olahraga*
3. Banyak acara tv yang ga gue suka. *Sinetron, Infotaiment, Ajang cari bakat, Reality Show, Iklan, Cookies, Telenovela, Film India, Kuis ga mutu*

Nah tu sebabnya gue jarang nonton tv.
Pas tadi nonton, gue liat iklannya acara pencari bakat.
Pencari bakat anak anak yang bisa nyanyi.
Sebenarnya tu acara udah selesai sih, cuman tadi ada iklannya.

Sekilas gue liat, yang ada di pikiran tu gini, "Busyet, anak kecil kok nyanyinya macam itu ya???".
Gue kurang setuju ama acara itu deh.
Secara, anak kecil tu kan kodisi di mana mereka banyak menyerap apa yang mereka dapatkan.
Kalo dari awal mereka dikasih stimulan macam itu, otomatis cara berpikir mereka cepat ato lambat bakal seperti itu juga.
Singkatnya mereka tu dipercepat kedewasaannya, yah, walo ga langsung sih.
Apa dampaknya?
Bisa ada 2 dampak, positif juga negatif.
Bagi mereka yang udah tertanam budaya yang baik dari keluarganya, ya pemikiran mereka masih dalam lingkup anak anak aja.
Mereka nyanyi gitu karena senang bernyanyi.
Kalo pondasi si anak itu ga kokoh, bah, bakal bahaya tuh.
Contohnya, banyak anak kecil yang udah pacaran.
Anaknya yang punya kontrakan gue, kelas 2 SMP aja udah pacaran.
Itu namanya apa ga peremajaan dini?
Saat saat mereka bermain sambil belajar malah diisi malh pada asyik mojok.
Waktunya belajar malah mikirin si pacar lagi ngapain.
Merusak kan???!!!

Mau bukti nyata???
Coba tanya anak kecil umur 4-7 tahun, apa mereka tau D'Massive, Hijau Daun, ST 12 dll?
Mungkin mayoritas dari mereka jawab "tau".
Dan mereka juga hapal lagu dari band itu.
Trus tanyain deh tentang lagu anak anak, seperti Diobok obok *joshua*, Si Lumba lumba *bondan* Dudidudidam *eno lerian*, Bang bing bung *Giovani & Saskia*, Dakocan *ga tau sapa yang nyanyi*??
Tau apa ga mereka??
Kalo ga tau, itu sih wajar.
Secara dunia anak udah gabung ama dunia remaja...
Ga ada acara macam Cilukba, Kring kring olala, Bando ato Kuis Joshua lagi.
Mereka sekarang nontonnya Idola Cilik, AFI, Indonesian Idol, Be a Man *lho????* sampe Dasyat.
Kemana generasi penerus Saskia, Giovani, Eno lerian, Joshua, Alvandi, Leoni, Dea ananda, Cikita medi, Meysi *bukan Leonel Messi* bahkan Bondan???
Gue kangan mereka....

Untung adek gue di Singapura, jadi ga kena demam peremajaan dini macam ini.
Tapi yang gue ga tau, di sana tu ada ga acara macam gini??
Ato adek gue tu malah nonton FasionTV??
Bahaya tuh...
Tapi gue percaya ama adek gue.
Dia lebih milih SpongeBob dari pada F-TV.

Eniwey,,
Selain ajang pencari bakat buat jadi artis karbitan yang hanya tahan setengah taun doang, gue juga punya komen tentang sinetron.
Yup sinetron.
Ada yang suka sinetron???
Ada ya??
Hahaha....
Selamat ya kalo suka sinetron.
Tu tandanya kalian gaul.-->gue ga setuju

Gini, gue mau kasih pendapat pribadi tentang sinetron.
Maaf kalo rada rada emosi.
Dasyat banget nih semangatnya.

Sinetron, Sinema Elektronik.
Untuk kalangan apa aja sih target pemasaran sinetron itu???
Untuk semua kalangan kan???
Baek tu cowok ato cewek, tua ato muda *faktanya gitu*, kaya ato miskin, kidal ato normal *ga nyambung*, pekerja ato pengangguran, semuanya deh.
Betul ga tuh??
Betul ya??!!

Ok, go on.
Sadar ga kalo di sinetron itu mayoritas tentang kalangan high-end, ato golongan atas, ato the have gitu??
Sadar ya??!!

Sadar ga kalo di sinetron itu dandanannya pada glamour??
Sadar juga ya??!!

Sadar ga kalo barang barang yang ada di sinetron itu barang bagus dan nampak mahal semua??
Pasti sadar dong??!!

Sadar ga kalo adegan dan cerita di sinetron tu extrime banget, lebay??
Pada sadar kan??!!

Sadar ga kalo peristiwa di sinetron sering buat kita terharu??
Ya iyalah pada sadar??!!

Sadar ga kalo kita pernah mengidolakan pemain sinetron??
Hari gini ga kenal pemain sinetron??!!

Sadar ga kalo kita dirusak ama sinetron??
Sadar ga??????
Ha???
Ga sadar???
Lho, ga percaya???

Ok, gini deh.
Tadi kan udah pada tau kalo semua kalangan tu nontong sinetron.-->bukan semua orang ya,,,,
Trus tadi juga pada sadar kan kalo sinetron ngebuat kita terbawa ama alur ceritanya.
Nah, sekarang sadar ga kalo gaya hidup kita tu sekarang agak ke-sinetron sinetron-an???
Jujur deh, ada ga yang mau punya gaya macam pemain sinetron??
Gue sih juga terbesit macam itu.
Pengen ga punya gaya hidup glamour macam yang di sinetron??
Kalo ang ini gue ga pengen tuh.

Di sini ga mendidiknya.
Banyak orang yang udah terhipnotis ama sinetron.
Contoh realnya tu para ABG.
Heheheh..
Sadar ga kalo dandanan ABG sekarang mengekor dari dandanan ABG sinetron??
Anak SMA jaman sekarang pake tu terutama.
Mereka masih pelajar, belum ngehasilin uang sendiri, tapi udah pengen bergaya hidup glamour dan gaul macam sinetron.
Iya kalo dia emang tajir, lha kalo maksa pengen jadi tajir gimana??
Coba deh kita liat anak SMA, baek itu cowok maupun cewek.
Dandanannya banyak yang udah ga mencerminkan seorang pelajar lagi.
Yang cowok banyak yang pake gelang, rambut diwarnain plus gaya yang norak, baku ga rapi, ngerokok, gaulnya ke Diskotik ato kafe.
Kalo yang cewek, pada pake rok mini, baju juga mini, rambut diwarnain, nongkrong di mall.
Kumaha eta teh??
Merusak ga tuh???

Tu dari sisi gaya hidup, sekarang dari sisi cerita.
Mayoritas sinetron ti isinya tentang cinta cintaan kan??
Gini, masih berhubungan amna pertanyaan yang tadi, yang nonton sinetron tu semua kalangan kan??
Ga jarang juga anak anak SD nonton sinetron.
Dari sinetron mereka mengenal apa yang namanya sahabat, rasa sayang ato pun cinta palsu.
Yah, dulu waktu gue SD, ga ada tu yang namanya pacar pacaran, lha sekarang, coba aja tanya ama anak SD, apa teman mereka ada yang pacaran.
Selain percintaan ada juga cerita tentang kawin cerai, selingkuh dan bermacam macam penyakit hati seperti dendam, sirik, cemburu dan kawan kawan.
Kalo kita udah addict ama sinetron dan ngikutin acara itu mulai dari Book 1 ampe 6 *emang Avatar???*, apa kita ga terpengaruh ama jalan ceritanya??
Bisa bisa entar kita punya sifat pendendam, trus selingkuh, ato pengen bunuh si X buat ngerebut pacarnya, bahkan di tingkatan extrime, kita jadi pengen pacaran ama pembantu kita.-->ada cerita yang macam itu, kan???

Pernah nyoba merhatiin cara berpikir orang di sinetron ga??
Menurut pengamatan gue ya, cara berpikir mereka tu kolot, pendek dan selalu melibatkan emosi.
Contoh ya, gue pernah liat iklan suatu film, ceritanya tu si Suami dituduh selingkuh, padahal si Suami tu dijebak.
Kalo ga salah gitu ceritanya.
Nah mendengar berita itu, istrinya langsung kalap dan memaki sang suami, minta cerai pula.
Dari situ bisa kita tarik kesimpulan kalo cara berpikir mereka tu ga panjang.
Langsung memutuskan sesuatu tanpap pertimbangan yang matang.
Kalo mereka menganalisa lagi masalah itu, mustinya mereka bisa menyelidiki kebenaran kabar burung itu lah.
Kan kalo ada penyelidikan bisa jadi film detektif tuh...
Tambah seru.
Lagi pula masak lebih percaya ama orang lain ketimbang suaminya sendiri sih.....
Lagi ya, ada juga cerita cewek yang curiga kalo pacarnya selingkuh terus diselidikin.
Nah nyelidikinnya itu lho yang aneh.
Kalo mau mah sendiri aja, ga pake ditayangin di Tv.
Apa ga malu kalo hubungannya diketahui orang, apa lagi masalahnya juga.
Kalo terbukti si cowok selingkuh, dan ketauan di acara itu, apa ga kasian, bakal malu abis tuh...
Gue misal ke-gab si calon pas lagi jalan ama Asmiranda aja bakal malu abis kok....

Apa masih kurang contoh dari gue yang membuktikan kalo acara Tv sekarang tu kurang mendidik??

Wel...
Ni cuma opini gue.
Seterah mau setuju ato ga.
Seterah tanggapan kalian gimana.
Yang penting, mari kita jaga masa depan anak anak yang ada di dekat kita...
Jangan biarkan masa kecil mereka dijajah...

Segini dulu opini gue.
Lain kali bakal nulis lagi...

Eh tunggu dulu,,,
Jadi inget.
Sinetron tu kisaran Maghrib ampe malam ya??
Wah, ga baek tuh...
Ganggu waktu belajar...
Ama ganggu waktu ngaji bagi yang Muslim dan Muslimah.

Udah, cukup...

Thanx dah baca,,

Wassalamualaikum,,,

Newer Post Older Post